Pasar Di Garut Belum Dilengkapi Pompa Hidran

:


Oleh MC Kab Garut, Jumat, 15 Januari 2016 | 10:09 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 368


Garut, InfoPublik - Seluruh pasar di Kabupaten Garut ternyata tidak dilengkapi dengan fasilitas pompa hidran. Di Garut ada 15 pasar tradisional yang dikelola Pemkab Garut dan 55 pasar desa.

Selain itu, diduga banyak bangunan pusat perbelanjaan, toko, dan perkantoran yang tidak menyediakan fasilitas antisipasi kebakaran tersebut. Kalaupun terdapat pompa hidran di sebuah tempat, kebanyakan tak berfungsi. Hal itu seperti ditemukan di lingkungan Perumahan Bumi Cempaka Indah Kelurahan Lebakjaya Kecamatan Karangpawitan.

Menurut pengurus RW 16 Blok 7 Perumahan Bumi Cempaka Indah Haerudin, di perumahan tempatnya tinggal terdapat pompa hidran. Namun setelah dicek warga, ternyata pompa tersebut sama sekali tak berfungsi. Saat dibongkar, pompa hidran hanya menggantung pada tanah tanpa ada saluran air sama sekali.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) pada Dinas Kabupaten Garut, Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Garut Wawan Sobarwan mengakui, banyak tempat di Garut tidak dilengkapi dengan pompa hidran.

Padahal menurutnya, fasilitas itu mesti tersedia di setiap pasar, pusat perbelanjaan, perumahan, perkantoran, dan tempat umum lainnya untuk mengantisipasi jika terjadi kondisi darurat, terutama kebakaran.Wawan menyebutkan, karena tak tersedia pompa hidran, selama ini pihaknya hanya mengandalkan air dari selokan, sumur, atau sumber lain di sekitar lokasi kebakaran.

Pada kesempatan Terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kecamatan Tarogong Kidul Hidayat, membenarkan di kawasan Pasar Induk Pasar Guntur Ciawitali Garut tak terdapat pompa hidran.

“Kalau tak salah. Sekitar tujuh tahun lalu, di Pasar Guntur ini ada 5-6 buah pompa hidran. Tapi saat saya bertugas di sini, semuanya sudah tak berfungsi dan dibongkar. Sampai sekarang tak pernah ada pemasangan pompa hidran,” ujarnya.Ia mengaku pihaknya  tak mengetahui persis mengapa di lingkungan Pasar Guntur Ciawitali tak lagi dipasang pompa hidran. “Tapi kita akan pertimbangkan agar dipasang lagi,” janjinya.(MC.Garut/Eyv)