PSSI Jabar Siap Gelar Kualifikasi Sepakbola Pra PON XIX

:


Oleh Astra Desita, Rabu, 13 Januari 2016 | 08:30 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 189


Jakarta, InfoPublik - Ketua Asprov Jawa Barat Dudy Sutandi melaporkan Jabar sepenuhnya siap untuk menjadi penyelenggara pelaksanaan Pra Kualifikasi PON XIX, dimluai cabang sepakbola yang akan dilaksanakan dari tanggal 20 sampai 30 Maret 2016.

Demikian disampaikan dalam siaran pers bersama Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Djoko Pekik Irianto, Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Gatot Dewa Broto, Ketua Tim Transisi Bibit Samad Rianto di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (12/1).

Sebelumhya, digelar rapat untuk membahas persiapan dan kesiapan Jawa Barat menyelenggarakan Babak Kualifikasi Sepakbola PON XIX/2016.

Menurut Ketua Asprov Jawa Barat Dudy Sutandi, pertandingan akan dilaksanakan di lima daerah Jawa Barat yang memiliki fasilitas dan kapasitas stadion yang memenuhi syarat. Stadion tersebut yakni, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Galuh Ciamis, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Siliwangi dan Stadion Pakansari Cibinong.

Sementara itu, untuk tim yang akan bertanding sebanyak 22 daerah yang terbagi dari 6 zoba atau grup. Untuk Grup A akan dihuni tuan rumah Banten, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta. Grup B : Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Grup C: Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Grup D: Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Grup E: Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Grup F: Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

"Untuk grup F sendiri sampai sekarang panitia masih akan melakukan pendekatan agar semua tim bisa ikut dalam Pra PON ini. Sebab ada beberapa masalah yang mungkin sebelumnya membuat beberapa tim di daerah Timur tersebut keberatan untuk datang ke Jawa Barat. Yang pasti kami Jawa Barat melaporkan sepenuhnya siap menjadi penyelenggara Pra PON XIX," kata Duddy.

Pihak Kemenpora sendiri menyambut postif dengan kesiapan jawa Barat untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Pra PON XIX nanti. Pemerintah sendiri sejauh ini akan mendukung penuh agar even tersebut berjalan dengan lancar. "Pada prinsipnya kami dari pemerintah akan mendukung penuh agra pelaksaan Pra PON XIX untuk cabang sepakbola bisa terselenggara dengan baik.

Mengenai masalah anggaran, pemerintah dan PB PON tetap akan berpatokan bahwa anggaran berasal dari tiga sumber yakni, APBN, APBD dan Swasta.  "Saya harapkan sisa waktu ini bisa kita maksimalkan dengan baik membahas masalah teknis persiapan, penyelanggaraan hingga pengganggaran," kata Djoko Pekik.