Martapura, InfoPublik - PDAM Intan Banjar merupakan BUMD yang bergerak di bidang pelayanan air bersih dan air minum untuk masyarakat di kawasan Kabupaten Banjar, Banjarbaru dan sekitarnya. Karena itu, PDAM Intan Banjar dituntut mampu melayani masyarakat dalam penyediaan air bersih/air minum secara baik.

“Kita semua berharap PDAM Intan Banjar terus berbenah untuk ketersediaan air minum, dan terus berinovasi dalam pelayanan,” kata Penjabat Bupati Banjar H Rachmadi Kurdi dalam sambutannya pada Apel Pagi di Kota Banjarbaru, Selasa (12/1).

Dalam kesempatan apel pagi, yang berlangsung di halaman Kantor Pelayanan PDAM Intan Banjar Jalan Pangeran Hidayatullah Kota Banjarbaru, tersebut sekaligus dilakukan Penandatangan Kontrak Kinerja PDAM Intan Banjar Tahun 2016.

H Rachmadi Kurdi mengatakan, dalam rangka meningkatkan pelayanan air minum kepada masyarakat, baik secara kuantitas maupun kualitas, Perusahaan Daerah Air Minum harus dikelola secara profesional. Untuk pelayanan profesional diperlukan sistem dan alat bantu yang dapat memonitor dan mendeteksi kinerja yang dicapai.

Ia menjelaskan, target yang sangat perlu menjadi perhatian, meliputi cakupan pelayanan atau penambahan jumlah sambungan langganan (SL), yaitu sebanyak 15.285 SL menjadi  79.684 SL pada akhir 2016, sehingga terlayani 60% dari penduduk yang dilayani oleh jaringan perpipaan.

Tingkat keberhasilan pendapatan laba setelah pajak Rp6.479.590.781, tingkat pengembangan PDAM yang tentunya memerlukan dana serta investasi yang sangat besar untuk mendukung hal tersebut, dan lainnya yang sudah tertuang dalam RKAP ( Rencana Kerja Anggaran Perusahaan) tahun 2013.

H Rachmadi Kurdi juga mengatakan, kinerja PDAM sampai saat ini dinyatakan tim audit BPKP pada posisi Baik dan laporan keuangan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) tahun 2012, 2013 dan 2014.

“Semoga tahun 2015 ini juga mendapat predikat Baik. Tahun 2014 kita memperoleh nilai kinerja 63,11, tahun 2015 naik menjadi 64,00 dan target tahun 2016 adalah 65,35,” katanya.

Di sela acara tersebut, dilakukan penandatanganan pertama kontrak kinerja 2016 yang dilakukan antara Direktur Utama PDAM Intan Banjar dengan Penjabat Bupati Banjar & Pj.Walikota Banjarbaru.

Penandatanganan kedua kontrak kinerja 2016 dilakukan antara Direktur Umum PDAM Intan Bajar dengan Direktur Utama PDAM Intan Banjar. Penandatanganan ketiga kontrak kinerja 2016 dilakukan antara Direktur Teknik PDAM Intan Banjar dengan Direktur Utama PDAM Intan Banjar.

Sementara penandatanganan keempat kontrak kinerja 2016 dilakukan antara para kepala bagian, kepala cabang & kepala SPI dengan Direktur Utama, Direktur Umum & Direktur Teknik PDAM Intan Banjar.

Turut hadir pada acara tersebut Pj Walikota Banjarbaru H Martinus, Sekda Banjar H Nasrun Syah dan Plt Sekda Kota Banjarbaru H Said Abdullah, Dewan Pengawas PDAM Intan Banjar, seluruh pejabat Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru, serta seluruh karyawan-karyawati PDAM Intan Banjar. (sadi/tohal/toeb)