Menteri PDTT : Bumdes Penggerak Ekonomi Nasional

:


Oleh MC Prov Gorontalo, Selasa, 12 Januari 2016 | 10:20 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 324


Gorontalo, InfoPublik - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Marwan Jafar menilai Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) harus dibentuk di setiap desa, karena itu bisa menjadi wadah penggerak ekonomi nasional.

Dihadapan jajaran kepala desa, camat, lurah dan warga Desa Huntu Barat, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Marwan berharap BUMDES bisa dibentuk.

"Desa Huntu Barat ini memiliki Bumdes dan ini yang saya dorong secara terus menerus agar setiap desa memiliki Bumdes, saya yakin di provinsi Gorontalo banyak desa yang memiliki potensi untuk dijadikan BUMDES, karena Bumdes merupakan penggerak ekonomi di desa sekaligus hal yang dapat menopang perekonomian nasional kita," ungkapnya.

Ia bangga dapat berada di Desa Huntu Barat yang maju dan mendapat penghargaan nasional berupa "Anugerah Desa Membangun Indonesia" tingkat nasional pada tahun 2015 kategori percepatan pemanfaatan dana desa dan pendayagunaan potensi lokal.

Marwan juga mengucapkan terima kasih kepada Desa Huntu Barat yang telah mengembangkan Bumdes dan apabila semakin berkembang, Menteri berjanji akan menambah dana dari kementerian untuk desa Huntu Barat.

"Semangat dari warga desa Huntu dapat menjadi spirit dan vitamin bagi saya dan kementrian, semangat itulah yang menjadi vitamin bagi perubahan desa-desa diseluruh Indonesia," tutupnya.Pada kunjungan kerja tersebut, Marwan meresmikan jembatan desa yang merupakan akses pertanian warga desa Huntu Barat yang didanai oleh dana desa tahun anggaran 2015 senilai Rp101.885.500.

Turut didampingi wakil gubernur Gorontalo, Idris Rahim dan Kapolda Gorontalo Brigadir Jenderal Polisi Hengkie Kaluara dan memberikan bantuan berupa dua unit traktor.(mc. prov .gorontalo/eyv)