176 Warga Ikuti Operasi Katarak Di Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu

:


Oleh MC Kabupaten Indramayu, Selasa, 12 Januari 2016 | 09:18 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Losarang, Indramayu, InfoPublik - Bakti sosial operasi katarak dalam rangka HUT ke-70 Korps Brimob Polri yang bertempat di Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu (RSBI), berakhir Senin  (11/1). Secara keseluruhan terdapat 176 orang pasien yang menjalani operasi katarak di RSBI tersebut.

Ratusan warga dari wilayah Ciayumajakuning dan Subang menyambut antusias bakti sosial pelayanan kesehatan gratis, yang digelar bekerjasama dengan Yayasan Peduli Kasih Indosiar, Biddokkes Polda Jawa Barat, dan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) tersebut.

Mereka mengaku sangat terbantu dan berterimakasih atas terselenggaranya baksos operasi katarak gratis tersebut.

“Alhamdulillah pak, lima tahun mata saya sakit katarak, sekarang bisa dioperasi gratis, tidak bayar,” ucap Mudi (57), salah seorang peserta kepada Kapolres Indramayu AKBP Wijonarko SIK MSi dan Kepala Detasemen C Sat Brimob Polda Jabar AKBP Sulis Budiono, saat memantau kegiatan tersebut.

Warga Desa Jangga, Kecamatan Losarang ini mengaku, dia dan juga pasien lainnya sudah lama menunggu diadakannya operasi katarak gratis seperti ini. Sebab, jika harus melakukan operasi dengan dana sendiri dirasa tidak mampu karena biayanya cukup mahal. “Boro-boro buat operasi pak, untuk makan sehari-hari saja masih minta ke anak mantu,” ucapnya.

Kapolres Indramayu AKBP Wijonarko SIK MSi mengatakan, kegiatan baksos ini memang untuk membantu beban masyarakat khususnya dari keluarga miskin agar dapat menikmati pelayanan kesehatan gratis. Pihaknya pun bersyukur, Kabupaten Indramayu dijadikan salah satu lokasi baksos dalam rangka HUT Korps Brimob Polri ke-70.

Sebelumnya, Kasat Brimob Polda Jabar Kombespol Drs Waris Agono MSi menjelaskan, selain di Indramayu pelaksaan serupa juga diadakan di Pelabuhan Ratu, tepatnya RS Mata Sukabumi.

Didampingi Kabiddokkes Polda Jabar Kombespol dr Priyo Kuncoro MARS DFM dan kepala RSBI AKBP dr Iskandar SpB, Waris Agono menyebutkan total terdapat 176 orang pasien yang menjalani operasi di RSBI.

Mereka berasal dari wilayah Kabupaten Indramayu, Cirebon, Majalengka, Kuningan, Subang dan Kota Cirebon. Sebelumnya Sat Brimobda Polda Jabar bersama Polres, pemkab dan dinas kesehatan di masing-masing daerah mensosialisasikan rencana kegiatan tersebut sekaligus menjaring calon pasien.

“Saat pendaftaran jumlahnya membludak hingga mencapai 670 orang. Tetapi setelah dilakukan seleksi sesuai tingkat keparahannya, sebanyak 176 orang yang dinilai wajib mendapat operasi. Ini sudah melebihi target,” sebut dia.

Dengan didukung alat-alat yang memadai di RSBI serta dukungan tim medis dari Perdami, pihaknya berharap kegiatan baksos berjalan lancar dan masyarakat penderita katarak dapat terbantu.

Kabiddokkes Polda Jabar Kombespol dr Priyo Kuncoro MARS DFM menuturkan, pasca operasi katarak, para peserta akan mendapat fasilitas medical check up berkala sesuai dengan kondisi matanya.

“Tentu setelah operasi kita check kembali kondisi masa pemulihannya. Mudah-mudahan semuanya sehat. Karena kita lihat mayoritas pesertanya kebanyakan usia lanjut,” tutur dia. (mc indramayu/toeb)