Hujan Abu Guyur Kota Malang, BPBD Bagikan Masker ke Pengendara Motor

:


Oleh MC Kota Malang, Sabtu, 9 Januari 2016 | 16:57 WIB - Redaktur: Kusnadi - 391


Malang, InfoPublik - Tanggap dengan hujan abu vulkanik yang diakibatkan aktivitas Gunung Bromo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang membagikan masker kepada para pengendara sepeda motor di seputaran Kota Malang, Jumat (8/1).

Komandan Regu Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Malang, Andi Agus Mardiko mengungkapkan bahwa pembagian masker ini sesuai dengan intruksi wali kota (Malang) untuk menindaklanjuti terjadinya hujan abu vulkanik di Kota Malang. Ada sebanyak 4.000 masker yang dibagikan kepada para pengguna jalan.

“Ada tiga titik yang kami fokuskan dalam pembagian masker kali ini, di depan Balai Kota Malang, di Donoyo dan di Jl. Tidar,” jelas Agus Demit, panggilan akrab Andi Agus Mardiko, Jumat (8/1).

Dari pantauan BPBD Kota Malang Agus menjelaskan hujan abu di Kota Malang paling parah terjadi di kawasan Tidar. Di kawasan Tidar ketebalan debu mencapai 0,3 milimeter, dan diperkirakan hujan abu di Kota Malang masih akan berlangsung.

“Kami akan terus memantau perkembangan, melihat keadaan yang ada, besok kami akan membagi-bagikan lagi masker kepada para pengguna jalan,” terang Agus.

Agus mengimbau agar masyarakat yang keluar rumah menggunakan masker dan kaca mata agar jangan sampai terkena penyakit akibat guyuran hujan abu vulkanik. Dengan adanya kegiatan ini, harapannya masyarakat bisa semakin tanggap terhadap bencana yang diantaranya adalah hujan abu vulkanik Gunung Bromo yang saat ini sedang terjadi di Kota Malang. (cah/yon/Kus)