Bandung, InfoPublik - Walikota Bandung Ridwan Kamil menerima tim Facebook yang terdiri dari Alvin Sheng Hui Tan, sebagai Head of Public Policy Southeast Asia, Waizly Darwin, SMB Lead-Indonesia dan Diana Soedardi, Senior Associate Consultant Pearl Consulting Services (PCS). Pertemuan dilakukan di Bandung Command Center (BCC), Jumat (8/1).

Menurut Ridwan Kamil Kota Bandung disiapkan untuk menghadapai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Maka dari itu, ia menggandeng Facebook, karena memiliki platform untuk melakukan bisnis.

Ia juga menambahkan bahwa platform tersebut sudah memilki prototype yang bernama Bandung Juara Store. Dalam platfrom itu nantinya akan ada produk-produk UKM Bandung yang sudah siap untuk MEA.

“Sekitar 300an produk akan kita cari dalam waktu dekat ini. Sehingga mereka bisa jualan di Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia dan Philiphina,”ujarnya.

Pria yang sering disapa Emil pun menyebutkan bahwa di negar-negara tersebut popularitas Facebook sangant tinggi. Sehingga dirinya memfasilitasi platform yang suda populer di Asean yaitu Facbook.

Dalam pertemuan tersebut, dirinya mengutarakan ada delapan point kerjasama yang disepakati. Dari kedelapan point tersebut kerjasamanya mulai dari birokrasi, developer, start up, keuangan, komunitas kreatif dan lainnya.

 “Sehingga di Bandung akan jadi kota pertama di Asean yang paling siap menggunakan platform Facebook untuk semua urusan hidup,” ungkapnya.

Dari semua produk Bandung yang berhasil luar negeri, Brodo adalah salah satunya. Produk penghasil sepatu ini menurut Facebook masuk dalam 10 besar percakapan dunia. Dengan seperti itu, Ridwan Kamil menitpkan kepada Facebook Brodo untuk dites ke sistem jualan Facebook diseluruh dunia dan dijadikan bahan studi,

Selain itu juga tim dari Facebook menyarakankan agar produk yang masuk ke Bandung Juara Store harus ada pelatihan dan harus lulus dengan sistem platfrom tersebut.

“Harus mengerti salah satunya dengan payment system. Inilah cara Pemkot Bandung siap MEA itu dengan langsung mengajak platform kelas dunia (Facebook),”ucapnya.

Bandung sendiri dijadikan kota percontohan di Asia Tenggara oleh Facebook. Bandung Juara Store sendiri kata Ridwa Kamil akan dilaunching pada pertengahan Februari 2016. Ia pun berharap 300 UKM bisa dikejar untuk mengisi Bandung Juara Store.(Mc Kota Bandung/Kus)