Program Wirausaha Pemula Gandeng Tiga Bank Penyalur KUR

:


Oleh Putri, Senin, 11 Januari 2016 | 08:01 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 221


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Koperasi UKM memanfaatkan dana kredit usaha rakyat (KUR) untuk program tahun 2016 yang bertajuk Wirausaha Pemula sebagai bantuan permodalan dengan menggandeng tiga bank penyalur KUR.

Deputi Bidang Pengembangan SDM Prakoso Budi Susetyo mengatakan sepanjang 2016 akan ada tiga perhelatan terkait program tersebut, yakni Wirausaha Muda Mandiri dari Bank Mandiri yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahun. "Kemudian program yang sama juga masih digodok persiapannya oleh BRI dan BNI. Cara penerapan kedua bank tersebut sama dengan Bank Mandiri namun hanya pola yang berbeda," jelasnya, Jumat (8/1).

Lanjut Prakoso, bila Bank Mandiri akan diseleksi adalah wirausaha yang sudah masuk level mikro dan kecil, sedangkan nantinya di BRI dan BNI lebih menyorot kepada calon wirausaha pemula yang dinilai memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Nantinya, pemenang dari program Wirausaha Pemula tersebut akan mendapat permodalan dari Kemenkop UKM berupa dana KUR di bawah Rp25 juta tanpa anggunan. Selain itu juga akan mendapatkan pendampingan dan binaan dari bank penyalur KUR hingga mencapai level mikro dan kecil.

Apabila sudah naik level, jelas Prakoso, Wirausaha Pemula tersebut akan mendapatkan tambahan KUR ratusan juta hingga miliaran dan tetap tanpa anggunan. Hingga tahap ini akan dilakukan seleksi dan pembinaan secara ketat.

"Program Wirausaha Pemula juga akan diberikan pelatihan dan pendidikan perkoperasian. Yang tujuannya untuk menumbuhkembangkan UMKM dan koperasi di seluruh Indonesia yang nantinya melibatkan akademisi," jelas Prakoso.