Pemkot Bekasi Kembali Lanjutkan Program 1 Juta Biopori

:


Oleh MC Kota Bekasi, Rabu, 6 Januari 2016 | 19:56 WIB - Redaktur: Tobari - 775


Bekasi, InfoPublik - Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu mengatakan program pembuatan satu juta lubang resapan biopori yang telah dicanangkan Pemerintah Kota Bekasi di tahun sebelumnya, akan terus dilakukan.

Hal ini disampaikan dia terkait target satu juta biopori yang belum memenuhi target. Dan data dari BPLH Kota Bekasi telah dibuat 110.000 lubang resapan biopori.

"Pembuatan satu juta biopori kembali kita lanjutkan. Insya Allah bila semua bergerak di 2016 bisa diselesaikan. Di Kota Bekasi terdapat sekitar 900 RW dan bila tiap RW membuat 10.000 biopori. Dan kita ingin ini terus dilakukan," ucap Ahmad Syaikhu, Rabu (6/1).

Pembuatan lubang resapan biopori menjadi salah satu upaya kita bersama untuk mengurangi jumlah sampah rumah tangga. Selain itu lubang biopori menjadi media resapan air hujan ke dalam tanah, sehingga menjadi cadangan air baku di kemudian hari.

"Lubang biopori kemudian diisi sampah organik dan dalam jangka waktu satu hingga dua bulan mengalami proses pengomposan dan akhirnya menjadi pupuk yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman di rumah," kata Ahmad Syaikhu.

Ia pun berharap lubang biopori yang selama ini telah dibuat agar dirawat dengan secara rutin dengan diisi sampah organik dan dijaga kedalamanya. "Saya juga berharap warga masyarakat memaksimalkan dan merawat fungsi lubang resapan biopori," katanya.

Diketahui, Pemerintah Kota Bekasi berupaya melakukan lima program konservasi lingkungan guna mewujudkan lingkungan Kota Bekasi lebih bersih Indah dan Nyaman.

Program ini, yakni pembuatan sejuta lubang resapan biopori, pembuatan sumur resapan di bangunan dan rumah warga, kemudian pengelolaan sampah mandiri, komposting, dan pembuatan 1.000 taman untuk penghijauan.

"Lima program ini menjadi langkah kita bersama untuk lingkungan dan harapannya di dukung semua elemen masyarakat," kata Ahmad Syaikhu.

Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Supandi Budiman mengatakan hingga kini pihaknya mencatat telah dibuat 110.000 lubang resapan biopori di wilayah Kota Bekasi.

Dalam memenuhi tagret pembuatan sejuta biopori ini  dilibatkan peran serta warga masyarakat, pegawai kelurahan, kecamatan, dan pihak sekolah-sekolah para siswa dan siswi di Kota Bekasi

"Tercatat telah dibuat 110.000 lubang resapan. ayo bersama kita suksekan program Kota Bekasi membuat satu juta biopori," kata Supandi Budiman.  (goeng/toeb)