Disdik Bidik DAK Untuk Pembangunan Sekolah

:


Oleh MC Kota Batam, Rabu, 6 Januari 2016 | 13:02 WIB - Redaktur: Kusnadi - 298


Batam, InfoPublik  - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam mengincar Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat untuk Ruang Kelas Baru (RKB) dan Unit Sekolah Baru (USB) yang ada di Batam. Kini, instansi tersebut tengah menghitung daerah mana yang menjadi prioritas pembangunan infrastruktur tersebut. 

"Kita sedang menghitung RKB dan USB mana saja akan dibangun. Itu kita perlu bantuan dari pusat melalui DAK,"kata Kepala Disdik Batam, Muslim Bin Bidin, Rabu (6/1).

Ia menuturkan, langkah ini diambil guna mensiasati anggaran Disdik melalui pos APBD Batam. Dalam penetapan yang lalu, dana yang ada tidak bisa mengcover seluruh pembangunan sekolah yang ada.   

APBD 2016, Disdik hanya mendapat alokasi sekitar 11 persen dari Rp2,5 triliun. Berdasarkan Undang-undang, anggaran untuk pendidikan memang minimal 20 persen dari APBD dan itu di luar gaji guru. Namun, belakangan, Surat Edaran (SE) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memperbolehkan jika 20 persen tersebut termasuk gaji guru dan pegawai sekolah.

"Kalau sama gaji pegawai kita sampai 20 persen, tapi kalau diluar itu mungkin hanya sekitar 10 sampai 11 persen," tambahnya. 

Untuk penggunaan anggaran pada gaji guru, setidaknya terdapat insentif kepada tenaga pengajar baik di swasta maupun negeri biasanya mencapai Rp71 miliar dimana per guru mendapatkan insentif biasanya Rp1 juta dari 1893 guru honor komite. 

"Yang penting sekarang adalah bagaimana anggaran kita maksimalkan dengan baik," katanya. (MC Batam Taslimahudin/Kus)