Pesanan Industri Galangan Kapal Meningkat

:


Oleh R.M. Goenawan, Selasa, 5 Januari 2016 | 09:24 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 592


Jakarta, InfoPublik - Jumlah pesanan industri galangan kapal meningkat 100% lebih tahun ini. PT Pertamina dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjadi pemasok order terbesar.

"Nilai pesanan Pertamina sekitar Rp 4 triliun, sedangkan KKP mengajukan order pembuatan 3.325 unit kapal. Galangan kapal dalam negeri tahun ini baik yang besar kecil atau menengah akan sangat sibuk," ujar Ketua Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) Eddy Kurniawan Logam.

Eddy juga mengatakan sebanyak 50% lebih anggota Iperindo ambil bagian dalam pembuatan kapal-kapal tersebut. Sementara itu, sisanya masih mengandalkan pemesanan dari swasta.

Eddy memprediksi tahun ini pemesanan dari swasta minim, karena kondisi ekonomi belum pulih. "Perusahaan yang masih mengandalkan pesanan dari swasta akan sangat sulit, karena permintaan kapal baru sangat minim," katanya.

Eddy mengungkapkan, industri galangan kapal membutuhkan dukungan fiskal. Hal tersebut disebabkan banjirnya pesanan akan berdampak pada naiknya harga komponen kapal impor.